FAKTA MENARIK YANG PERLU KALIAN NONTON “DIBALIK SATU BATANG”

Kenaikan cukai setiap tahun selalu dikeluhkan industri tembakau, dengan menjadikan tameng bahwa akan berdampak pada petani tembakau dan buruh. Berawal dari fenomena tersebut, CISDI merilis film dokumenternya yang disutradarai oleh Iman Zein dengan judul “Dibalik Satu Batang” (24/11) di XXI Metropole .

Melalui film tersebut digambarkan pengalaman petani tembakau yang sudah beralih ke tanaman komoditas lain yang lebih menguntungkan. Meskipun mereka awalnya berfikir untuk tetap melestarikan warisan nenek moyang dengan menanam tanaman tembakau. Kondisi tersebut mau tidak mau harus di sesuaikan dengan keadaan alam dan potensi pasar yang ada. Mengingat dengan adanya DBHCAT dan kenaikan cukai tidak berdampak untuk kesejahteraan petani, bahkan petani pun tidak dapat menentukan harga pasar tembakau mereka sendiri.

Digambarkan juga bahwa buruh pabrik rokok pun tidak mendapatkan hak pelayanan kesehatan dan jaminan sosial (BPJS Kesehatan dan Jaminan Ketenagakerjaan) pada saat mereka bekerja. Disisi lain pendapatan ditentukan beberapa banyak mereka melinting jumlah rokok dalam satu hari.

Menjadi pertanyaan besar ketika Industri menjadikan alibi yang berdampak pada petani dan buruh ketika kenaikan cukai.

Berikut ringkasan singkat yang digambarkan film tersebut. Ada beberapa hal fakta menarik dan informatif lainya dari film tersebut yang perlu kalian tonton.

Film tersebut akan dilaunching di platform YouTube: CISDI CHANNEL, tanggal 26 November 2022.

Jangan lupa nonton dan saksikan ya.


Konsultasi Klinik Hukum
Tutup