Dokumentasi: Tembakau dan Ancamannya Bagi Lingkungan

Rabu, 25 mei 2022 ProTC mengadakan webinar dengan tema tembakau dan ancamannya bagi lingkungan dimana yang menjadi pembicara di acara ini adalah ibu Arimbi Heroepoetri selaku aktivis lingkungan, Ahmad Safrudin selaku ketua KPBB, Aprillia Dian Asih G selaku ketua tim pemuda penggerak, dan Sumiyati Affandi selaku perwakilan suara warga jakarta. Acara ini dipandu oleh moderator Gloria Fransisca dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta.

Dalam acara ini banyak disuguhkan berbagai materi bahayanya rokok bagi lingkungan, dimana seharusnya dan sudah semestinya kita menjaga lingkungan. dimana ibu Arimbi menyampaikan bahwa jika tidak bisa berhenti merokok sudah sepatutnya siperokok menjadi perokok santun, santun disini dimaksudkan untuk bisa menjaga kebersihan dan tau tempat-tempat yang seharusnya untuk merokok. statement ini tidak bermaksud memperbolehkan atau mendukung perokok. Melainkan membantu mengurangi perokok, karena tidak bisa instan untuk berhenti merokok.

Pendapat ini dikuatkan oleh bapak Ahmad, dimana memang sepatutnya ada perokok santun dimana bapak ahmad menjelaskan kalau udara sudah terpapar rokok maka dimanapun kita sekalipun sudah kembali ke rumah tetap lah terpapar bahaya rokok, sebahaya itu asap rokok bagi udara kita. Dimana radius terpapar rokok secara langsung adalah 1 meter, bisa diartikan dalam satu ruangan jika ada yang merokok pasti terpapar.

Dengan keadaan lingkungan dan perokok yang sangat banyak Aprillia sebagai ketua pemuda penggerak melakukan kegiatan pungut puntung rokok yang dilakukan diwilayah solo terkhusus wilayah-wilayah KTR yang masih kerap ada yang merokok. Selain merusak lingkungan Ibu Yati dari perwakilan warga juga menjelaskan bahwa rokok tidak hanya merusak lingkungan melainkan menurunkan perekonomian warga, dimana keuangan yang seharusnya memenuhi kebutuhan sehari-hari malahan dijadikan untuk merokok. karena perokok kebanyakan dari warga menengah kebawah dengan alasan kurangnya pengetahuan akan bahaya dan kerugian yang ditimbulkan oleh rokok.

Kamis, 26 Mei 2022
Divisi Kampanye – Forum Warga Kota (FAKTA) Indonesia